benefeeds

blog

5 Strategi Ampuh Meningkatkan Branding UMKM

Branding UMKM

Branding adalah elemen penting dalam bisnis apapun, termasuk UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah). Branding bisa membuat usahamu semakin eksis dan dikenal banyak orang. Menggunakan branding, bisa menjadi nilai tambah dan peluang untuk menonjolkan keunikan dari produk atau jasa yang kamu tawarkan. Dengan meningkatkan branding UMKM, ini adalah bentuk kepedulianmu terhadap usahamu.

Dengan memaksimalkan branding, audiens akan lebih mengenal kelebihan usahamu daripada produk dan jasa lain di pasaran. Namun membuat branding yang unik itu tidaklah mudah, perlu strategi dan ide yang kreatif.

Yuk simak 5 Strategi Ampuh Untuk Meningkatkan Branding UMKM

    1.Buatlah identitas atau merek yang unik dan mudah diingat orang

      Hal yang paling utama sebelum memulai usaha adalah, membuat identitas usahamu. Buatlah identitas yang unik. Mulailah dengan membuat logo yang kreatif dan mempertimbangkan karakteristik produk atau jasa yang kamu tawarkan. Hal ini bertujuan agar branding UMKM dapat berjalan dengan optimal dan mudah diingat orang.

      2.Tentukan nilai atau value yang sesuai dengan produk

        Setelah menentukan identitas usahamu, lalu tentukan nilai atau value yang ingin kamu tonjolkan, agar audiens tertarik dengan merekmu. Perlihatkan nilai integritas, kejujuran, kualitas, keunggulan, inovasi, dan lain-lain. Pastikan nilai-nilai ini tercermin dalam semua aspek bisnis kamu, mulai dari produk, pelayanan pelanggan, hingga strategi pemasaran.

        3.Menggunakan Media Sosial untuk komunikasi dengan pelanggan

          Di era jaman digital sekarang, menggunakan media sosial sebagai platform pemasaran adalah hal yang penting untuk memperkuat suatu identitas merek, karena dengan menggunakan media sosial, branding UMKM akan berjalan dengan optimal. Kamu bisa memanfaatkannya dengan mengunggah konten menarik dan berbagi informasi yang bermanfaat bagi konsumen. Pastikan kamu aktif di platform media sosial yang relevan dengan bisnismu dan gunakan pesan dan gambar yang konsisten dengan merekmu. Selain itu kamu bisa meriset, menganalisis brand competitor, menjaga hubungan dengan pelanggan, dan hal apa yang sedang trend. Agar konten yang dibuat tetap relevan dengan pelanggan.

          4.Membuat tampilan yang khas

            Setelah membuat akun media sosial, buatlah desain atau tampilan yang khas. Sesuaikan dengan target audiensmu, mulai dari gender, umur, hingga hobi apa yang mereka tekuni, dan sesuaikan dengan produkmu. Hal ini menjadi penting agar branding UMKM bisa sejalan dengan audiens. Audiens akan merasa tertarik dan bisa menjadi followers setia di akun bisnismu.

            5.Fokus pada pengalaman pelanggan

              Menciptakan pengalaman pelanggan yang baik bisa menjadi kunci untuk memperkuat merekmu. Dalam bisnis UMKM, kamu bisa memberikan pelayanan pelanggan yang baik dan merespon dengan cepat segala keluhan mereka. Kamu juga bisa memberikan pengalaman dengan memberikan diskon, promo, atau penawaran khusus agar pelanggan lebih tertarik dengan usahamu. Pastikan kamu memiliki sistem yang baik untuk menangani keluhan konsumen dan pastikan karyawanmu selalu siap membantu pelanggan.

              Itulah 5 strategi ampuh untuk meningkatkan branding UMKM, kamu bisa mencobanya agar branding yang kamu inginkan berjalan dengan maksimal dan optimal.

              Jika kamu ingin branding UMKM bisa cepat berhasil, kamu bisa meningkatkan interaksi media sosial bisnismu, dengan cara menaikan followers dan like akun media sosial bisnismu.

              Cara ini juga ampuh, selain menjaga hubungan baik dengan pelanggan, kamu bisa memperluas target pelanggan dan mendapatkan pelanggan baru melalui media sosial. Kamu bisa mendapatkan peningkatan interaksi dengan maksimal melalui layanan manajemen konten media sosial dari Benefeeds. Untuk info selengkapnya, kamu bisa kunjungi akun media sosial kamu. 

              Leave a Comment

              Your email address will not be published. Required fields are marked *