benefeeds

blog

5 Tools Digital Marketing Untuk Pemula

Tools Digital Marketing

Dunia digital marketing menjadi lahan segar bagi banyak orang untuk mengambangkan skill profesional hingga pengembangan bisnis. Digital marketing sendiri adalah dunia baru dalam hal pemasaran. Jika dulunya pemasaran dilakukan secara konvensional, sekarang hanya melalui device semua kebutuhan kampanye sudah bisa terdistribusi dengan baik. Itulah cara digital marketing bekerja. Namun secara teknis, ada banyak hal yang musti kamu tahu jika ingin mendalami tentang digital marketing secara langsung. dalam hal ini, pemahaman akan fungsi tools juga perlu untuk diperhitungkan. Tools atau alat yang berfungsi untuk mempermudah kerja seorang digital marketer mempunyai banyak peran untuk mengembangkan skill set seorang digital marketing.

Seiring berkembangnya zaman dan diversifikasi platform pemasaran, tools digital marketing pun juga semakin berkembang setiap waktunya. Dalam hal ini, kami merangkum 5 tools yang berguna untuk para digital marketer pemula, berikut dengan keunggulan dan fungsinya dalam pengoptimalan digital marketing. Yuk, simak informasi lengkapnya di bawah ini!

5 Tools Digital Marketing untuk Pemula

1. Hootsuite

Hootsuite adalah tools marketing yang berguna dalam hal content management. Tools ini memungkinkan pengguna untuk monitoring beberapa platform social media dalam satu platform. Kemudahan yang dimaksud adalah dengan memonitor progress bisnis dan interaksi konsumen di Twitter, Facebook, LinkedIn, Google+, blog WordPress dan masih banyak lagi.

Fitur unggulan yang cukup diunggulkan dari Hootsuite adalah penanggalan postingan. Admin media sosial tidak perlu lagi menunggu untuk melakukan posting konten. Cukup lakukan penjadwalan dan konten akan ter-posting secara otomatis.

2. Mailchimp

Digitalisasi membuat semua lini bisnis mulai berlomba-lomba memasarkan produk ataupun jasa mereka melalui media sosial. Namun tidak jarang beberapa perusahaan lebih memilih melakukan kampanye melalui email marketing. Karena, menurut Campaign Monitor strategi marketing lewat email lebih banyak mendatangkan return on investment (ROI).

Dengan Mailchimp kamu bisa melakukan kegiatan email marketing dengan mengirimkan ribuan email sekaligus. Sebelumnya, kamu cukup membuat daftar kontak pada Mailchimp dan langsung merilis email marketing dalam sekali klik jika dibutuhkan. Nggak cuma itu, Mailchimp juga terintegrasi dengan Google Analytic. Jadi kamu bisa melakukan monitoring terkait dengan potensial market dan sejauh mana keberhasilan kampanye pemasaran yang telah dilakukan.

3. Google Analytic

Google Analytic adalah tools digital marketing gratis yang bisa di akses oleh semua orang. Ada banyak laporan analisa yang bisa kamu dapatkan lewat Google Analytic. Diantaranya adalah bounce rate, kisaran revenue atau pendapatan, konversi, produk terlaris, hingga perangkat yang dipakai ketika mengakses situs.

Untuk menggunakan tools ini kamu cukup membuat akun Google. Dan akun tersebut akan langsung dilacak oleh Google Analytic terkait dengan kampanye bisnis yang dijalankan. Google Analytic juga dapat dihubungkan dengan Google Ads. Sehingga iklan online memungkinkan untuk dipantau melalui satu dashboard saja.

4. Google Ads

Google Ads adalah salah satu tools digital marketing yang sangat penting untuk dipahami oleh pemula. Meskipun berbayar namun tools ini cukup berguna untuk mengoptimalkan peringkat website di mesin pencari Google. Bentuk iklan yang dapat di distribusikan melalui Google Ads cukup beragam. Pada umumnya, cara kerja tools ini berdasarkan cookie atau keyword yang dipilih.

Misalnya sebagai pengguna Google kamu ingin mencari ‘jasa agency digital terbaik di Surabaya’ maka deretan website teratas adalah website yang telah di iklankan di Google. Beberapa fitur yang bisa didapatkan dari Google Ads adalah penjadwalan iklan, pengaturan penawaran dan juga penargetan iklan.

5. Ahrefs

Marketing tools adalah alat yang membantu kinerja pada digital marketer. Termasuk untuk marketing di website atau yang lebih dikenal sebagai search engine optimization atau SEO. Tools digital marketing untuk SEO yang berguna untuk membantu para SEO Specialist adalah Ahrefs. 

Tools ini sangat direkomendasikan oleh para SEO Specialist, karena kamu bisa mengetahui kata kunci yang dimiliki kompetitor, gambaran SERP tanpa perlu membuka Google dan juga rekomendasi kata kunci yang paling sering digunakan.

Nah, banyak banget kan tools yang digunakan untuk digital marketing. Sebenarnya masih banyak banget tools yang bisa kamu gunakan untuk aktivasi digital marketing. Apalagi buat kamu yang pengen ngembangin bisnis. 

Walaupun ribet tapi aktivasi digital marketing sangat penting buat bisnismu. So, buat kamu yang kesulitan merencanakan aktivasi digital dan lagi cari jasa digital agency, kamu bisa banget mulai konsultasikan masalah social media handling-mu ke Benefeeds.Id. Benefeeds adalah end to end digital marketing yang melayani semua kebutuhan media social brand mulai dari konten, desain, video, ads dan segala kebutuhan lainnya. 

Banyak klien dari perusahaan besar telah mempercayakan handling social media mereka kepada Benefeeds.Id seperti ASDP Indonesia Ferry, Huawei dan OYO. Yuk, langsung konsultasikan kendala media sosialmu di sini dan dapatkan penawaran khusus untuk 50 orang pertama yang berkonsultasi dengan kami. Kunjungi benefeeds.id untuk informasi lengkapnya!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *