Pentingnya branding dalam dunia sepak bola. Mulai dari manfaatnya, cara yang digunakan hingga value yang di dapatkan serta bagaimana kaitannya dengan bisnis konvensional.
Pernah nggak sih kamu mengamati perkembangan pemain sepak bola dari tahun ke tahun? Seperti Cristiano Ronaldo misalnya, bisa dibilang jika performa CR7 terus menurun setiap tahunnya seiring dengan bertambahnya usia. Hal ini tentu wajar dalam dunia olahraga karena memang kondisi fisik akan sangat dipengaruhi oleh penambahan usia.
Tapi yang jadi pertanyaan, pernah nggak sih kalian berpikir “kok bisa ya, Ronaldo yang tambah tua dan performanya makin menurun jika dibandingkan dengan para pemain muda lainnya tapi tetap dapat bayaran tinggi?”. Yup, jawabannya tak lain dan tak bukan adalah ‘branding’.
Citra Ronaldo sendiri sebagai pemain sepak bola terus menguat setiap tahunya. Hal ini dikuatkan dengan penambahan jumlah followers yang signifikan setiap tahunnya. Jadi, bukannya semakin menurun, jumlah pengikut Cristiano Ronaldo di sosial media justru semakin meningkat.
Exposure yang besar dan jumlah audience yang luas membuat harga Ronaldo semakin mahal. Karena citra pemain sekelas Ronaldo sudah bukan hanya diukur melalui kemampuan bermain bola saja, tapi juga bagaimana ia di mata para penggemar dan audience.
Hingga saat ini, gaji yang diterima oleh Ronaldo di klub terbarunya, Al-Nasser adalah sejumlah Rp 3,3 triliun rupiah per tahun. Hal ini menunjukkan jika Ronaldo mempunyai posisi tawar yang kuat sebagai seorang atlet sepak bola profesional. Selain itu Ronaldo juga mempunyai nilai dalam membintangi suatu iklan atau berperan sebagai seorang selebritis. Belum lagi,jumlah followers di Instagram-nya yang mencapai 591 juta pengikut. Nilai yang tentu sangat fantastis dan menggiurkan bagi para brand untuk menggunakan Ronaldo dalam membangun citra brand tersebut.
Dalam definisinya yang paling fundamental, branding adalah serangkaian strategi atau taktik yang dilakukan perusahaan untuk membangun merek bisnis atau menciptakan citra positif di mata konsumen. Branding merupakan pencitraan agar suatu produk dapat menarik atau melekat di benak konsumen. Branding cenderung menarik kembali konsumen agar kembali ke suatu merek.
Dan karena industri sepak bola termasuk industri olahraga yang paling populer di dunia, maka hal ini juga turut mempengaruhi pendapatan dari Cristiano Ronaldo sebagai seorang pemain sepak bola dengan rating tinggi di dunia. Tidak hanya Ronaldo, tapi juga pemain-pemain dengan rating tinggi lainnya sekelas Lionel Messi, Kylian Mbappe dan juga David Beckham.
Pada dasarnya, branding bertujuan untuk menciptakan citra baik dari suatu perusahaan ataupun produk. Maka dari itu, secara penerapan ada beberapa unsur yang bisa dipenuhi untuk menciptakan branding dari suatu perusahaan. Beberapa unsur yang dimaksud adalah logo, slogan, karakter, citra, kredibilitas dan ciri visual. Adapun beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari branding adalah meningkatkan kesadaran merek, meningkatkan loyalitas pelanggan, meningkatkan penjualan, membedakan diri dari pesaing, dan membangun citra positif dan reputasi perusahaan.
Branding dalam sepak bola adalah hal yang penting untuk dilakukan oleh klub sepak bola. Berikut adalah beberapa penerapan branding dalam sepak bola yang dapat dilakukan oleh klub sepak bola:
Dalam penerapannya klub bola perlu membangun citra positif klub untuk meningkatkan minat dan dukungan suporter ataupun penggemar demi kelangsungan industri mereka.
Media sosial bisa menjadi tools yang digunakan oleh klub untuk membangun pola interaksi dengan audience atau penggemar dan mengkomunikasikan aktivitas klub untuk meningkatkan awareness dan citra positif.
Personal branding adalah hal penting dalam industri sepak bola. Dalam hal ini, tiap pemain bisa mengoptimalkan personal branding mereka lewat media sosial masing-masing untuk meningkatkan value dan citra mereka. Hal ini pun bisa berdampak positif kepada citra klub dari pemain, alih-alih hanya berdampak pada citra pemain itu sendiri.
Aktivitas kehumasan juga dapat digunakan sebagai media untuk membangun citra dari klub sepak bola. Salah satu contoh aktivitas kehumasan yang biasa dilakukan oleh klub bola adalah dengan mengadakan program pembinaan bagi pemain muda.
Karena sepak bola adalah industri olahraga yang besar dengan jumlah penikmat yang cukup besar di seluruh belahan dunia, maka branding adalah satu hal penting yang wajib untuk di perhatikan. Tidak hanya pada klub, tapi tiap pemain juga wajib mengoptimalkan personal branding mereka untuk meningkatkan bargaining power dan juga value mereka di industri sepak bola yang penuh persaingan.
Baik klub bola maupun pemain sepak bola sama-sama memerlukan branding yang kuat. Karena keduanya memerlukan citra yang baik di mata penggemar untuk bertahan dalam persaingan yang ketat. Terutama untuk mendapatkan banyak sumber pendanaan baik melalui penjualan merchandise maupun sponsorship.
Dan nggak cuma di klub bola aja, karena dalam bisnis kamu juga harus menerapkan branding yang kuat untuk kelangsungan dan pertumbuhan bisnismu. Platform media social bisa menjadi wadah yang tepat untuk melakukan branding, meskipun tantangan dan kendala yang dihadapi dalam branding suatu bisnis di media sosial tidak semudah kelihatannya.
Ada banyak hal yang perlu dipikirkan terkait branding suatu bisnis di media sosial. Mulai dari ide konten, perencanaan, penanggalan posting hingga output-output campaign yang cukup susah jika di handle seorang diri.
Makanya, biar nggak ribet cari-cari ide konten dan campaign untuk branding bisnismu, percayakan aja semua aktivitas media sosial bisnismu ke Benefeeds.Id. Benefeeds adalah jasa end to end digital marketing yang melayani semua kebutuhan media social brand mulai dari konten, desain, video, ads dan segala kebutuhan lainnya.
Banyak klien dari perusahaan besar telah mempercayakan handling social media mereka kepada Benefeeds.Id seperti ASDP Indonesia Ferry, Huawei dan OYO. Yuk, langsung konsultasikan kendala media sosialmu di sini dan dapatkan penawaran khusus untuk 50 orang pertama yang berkonsultasi dengan kami. Kunjungi benefeeds.id untuk informasi lengkapnya!