Kekuatan Storytelling dalam Branding, Cerita Domba di Balik Kesuksesan Lokasoka

kekuatan storytelling dalam branding

Branding menjadi semakin penting di era digital jaman sekarang, karena konsumen memiliki akses yang lebih luas dan mudah untuk mencari informasi tentang produk dan merek. Branding yang kuat dapat membantu bisnis membedakan diri dari pesaing di pasar online yang padat dan membangun kesadaran merek yang kuat di antara konsumen online. Kekuatan storytelling dalam branding sangat penting untuk menjangkau banyak audiens

Storytelling merupakan strategi yang pas untuk mengkampanyekan branding bisnismu. Setiap brand yang sukses memiliki cerita yang menarik dan bisa membuat koneksi emosional dengan audiensnya. Ketika cerita brand-mu berhasil menginspirasi, menghibur, atau bahkan menyentuh hati orang, maka mereka akan cenderung mengingat brand-mu dan bahkan merekomendasikannya ke orang lain.

Jika, sudah sampai di titik ini, berarti brand-mu sukses memperluas jangkauan dan dikenal banyak orang.

Disini Benefeeds mengambil contoh dari client yang pernah berkerja sama dengan Benefeeds, yaitu Ecodoe yang telah berganti nama menjadi Lokasoka. Lokasoka merupakan platform yang menyediakan layanan hadiah dan merchandise sesuai selera untuk keperluan individual atau perusahaan. Lokasoka telah menjalankan rebranding yang awalnya Ecodoe, produk bisa dipesan melalui chat Whatsapp saja, lalu bertranformasi menjadi Lokasoka, yang dimana produk bisa dipesan melalui website. Untuk mengkampanyekan rebranding, Lokasoka menggunakan strategi Storytelling dengan tujuan memperluas audiens dan menaikan engagement di akun media sosial Instagram.

Berikut 3 strategi yang Benefeeds terapkan untuk sounding rebranding Lokasoka:

1.Menceritakan sejarah Lokasoka

      Dalam sounding rebranding Lokasoka menceritakan kisah sejarahnya mulai dari awal berdiri hingga tahun 2022. Selain storytelling Lokasoka juga mengambil momen yang pas pada saat tahun baru 2023. Membuat momen dan storytelling merupakan strategi yang pas untuk mengkampanyekan branding perusahaan. Ceritakan hal-hal yang menarik dari perusahaanmu. Mulai dari susah, sampai perusahaanmu bisa di titik kesuksesan. Hal ini dapat menarik simpati audiens, dan menciptakan kekuatan emosional, antara brand dan audiens. Selain itu, storytelling juga dapat membantu brand untuk menjangkau audiens yang lebih luas. Cerita yang disampaikan dengan cara yang menarik dan menginspirasi memiliki potensi untuk menjadi viral, sehingga dapat meningkatkan awareness dan memperluas jangkauan brand. Kekuatan storytelling dalam branding, sangat efektif dalam mengkampanyekan rebranding Lokasoka.

      Berikut contoh postingan dari akun Instagram Lokasoka:

      2.Menunjukan prestasi Lokasoka

        Selain Storytelling tentang sejarah, menyedihkan dan memilukan. Lokasoka juga membagikan storytelling tentang kebahagiaan, seperti kesusksesan Lokasoka. Lokasoka mempunyai banyak penghargaan dan banyak kesuksesan yang telah dicapai. Mulai dari mendapat pendanaan dari CSR, Bank Syariah Mandiri, hingga omset naik sebesar 600%. Bahkan pandemi pun, Lokasoka tetap berjalan dengan baik, Lokasoka menerima pendanaan lagi dari US-Australia, karena tetap progresif dan tumbu walau saat pandemi. Pendanaan itu digunakan semaksimal mungkin, pada tahun 2021 Lokasoka berhasil mengekspor produk UMKM ke 8 negara.

        Berikut contoh video Reels dari akun Instagram Lokasoka:

        3.Konten dikemas secara runtut dan bersambung

        Konten dikemas secara runtut dan bersambung. tujuannya adalah membuat audiens semakin penasaran dan menggiring mereka untuk melihat storytelling selanjutnya. Buat beberapa part, mulai dari part 1-5. Hal ini terkenal sangat ampuh untuk menaikan engagement  dan reach akun media sosial Instagram.

        Berikut data insight dari Lokasoka pada bulan Januari, saat sounding rebranding.

        Jadi begitulah cerita pengalaman benefeeds saat menangani client yang melakukan proses rebranding. Strategi storytelling untuk branding memang merupakan strategi yang tepat untuk menciptakan kekuatan emosional dan koneksi antara brand dan audiens. Dalam era digital yang semakin kompetitif, storytelling menjadi penting dalam membedakan brand dari kompetitornya dan memperluas jangkauan brand. Namun, untuk mencapai efektivitas storytelling dalam branding, brand harus memastikan bahwa cerita yang disampaikan relevan dengan audiens dan konsisten dalam menyampaikan pesan brand. Dengan begitu, hubungan brand  dan audiens akan terjalin dengan baik.

        Jadi bagaimana? kamu tertarik membuat storytelling dan ingin memperluas jangkauan brand-mu? tapi, nggak punya waktu?

        Tenang! Benefeeds, siap menjadi partner-mu. Untuk info selanjutnya, kamu bisa menghubungi melalui chat WhatsApp ya.

        Leave a Comment

        Your email address will not be published. Required fields are marked *